Tutorial Moodle 3.8.2 #4 : Setting Role User di Course Category Sebagai Course Creator (Teacher)

Tutorial Moodle 3.8.2 #4 : Setting Role User di Course Category Sebagai Course Creator (Teacher)

Di artikel sebelumnya kita sudah membahas tentang bagaimana cara membuat category dan juga input user menggunakan metode import.

Dikesempatan kali ini kita akan membahas tentang cara setting role user sebagai course creator sehingga dalam category tersebut user memiliki hak akses untuk membuat course dan melakukan enrolment participant. Langsung saja kita mulai step by step nya.

Assign Roles User Sebagai Course Creator

Login sebagai administrator, pilih menu Site administration > Manage course and catagories.

Baca Lainnya :


Kita akan dibawa ke halaman Course and category management seperti di bawah ini.


Pilih category yang ingin di setting role user-nya, disini kita memilih category Anita, klik tanda gear disebelah kanan nama category dan pilih opsi Assign roles.


Kemudian kita akan dibawa ke halaman Assign roles untuk category yang kita piih. Klik Course creator seperti gambar dibawah ini.


Langkah selanjutnya cari nama user yang ingin diberikan hak akses untuk category course tersebut. Jangan lupa centang opsi paling bawah untuk search option agar mempermudah pencarian. Disini kita memilih user Anita yang kita masukkan sebagai Course creator karena di pembahasan artikel sebelumnya user Anita bertatus sebagai Lecturer (Teacher).


Klik Add, hasilnya akan seperti di bawah ini, selesai.


Dengan begitu user Anita sudah menjadi Course creator dan dapat membuat course dalam category tersebut.

Itulah pembahasan tentang tutorial moodle setting role user di course category sebagai course creator (teacher) yang dapat disampaikan dalam artikel kali ini. Semoga bermanfaat bagi para pembaca sekalian.

SIM Team Team Sistem Informasi Manajemen (SIM) Universitas Islam Kadiri (UNISKA) Kediri.