Membangun Web Server CentOS 7 #1 : Installasi CentOS 7

Membangun Web Server CentOS 7 #1 : Installasi CentOS 7

Apa itu Web Server?

Web Server adalah sebuah lingkungan perangkat lunak yang berfungsi menjalankan kode bentuk PHP maupun HTML yang akan di proses dan dikrimkan melalui browser dengan hasil dalam bentuk situs web. Secara singkat Web Server bertugas untuk mengkomunikasikan browser dengan server untuk memproses sebuah website.

Bisakah kita membuat Web Server di PC lokal?

Tentu jawabanya bisa, banyak platform yang bisa kita gunakan untuk melakukan uji coba web server di pc lokal diantaranya yang sering digunakan adalah :

  • XAMPP, sebuah platform local server yang banyak digunakan untuk di uji cobakan di sistem operasi Windows
  • LAMP, atau bisa dijabarkan sebagai Linux, Apache, MySql, perl/php/python yang banyak digunakan di lingkungan sistem operasi distro linux.

Lebih baik pilih yang mana, XAMPP atau LAMP?

Untuk jawaban dari pertanyaan ini tergantung dari kebutuhan, kalau penulis selama sistem yang dibuat masih kompatibel dan berjalan dengan baik di XAMPP kenapa tidak memakai XAMPP, kalau sistem memang membutuhkan lingkungan server yang harus enterprise barulah memakai LAMP dengan sistem operasi distro Linux CentOS 7.

Bagaimana kalau saya ingin membangun Web Server dengan LAMP dan CentOS 7?

Tentunya langkah awal yang kita lakukan adalah installasi CentOS 7. Kembali ke topik utama, sesuai dengan judul di atas mari kita mulai langkah-langkahnya. Di sini saya menggunakan Virtual Box untuk installasi CentOS 7, ikuti langkah-langkah berikut :

1. Buka Virtual Box, pilih New.


2. Beri nama Virtual Machine-nya, pilih type dan versi linux-nya.

3. Tentukan ukutan RAM Virtual Machine.

4. Create Virtual Hardisk.

5. Pilih tipe hardisk, disini saya pilih VDI.

6. Next, pilih dinamcal allocated.

7. Tentukan lokasi file yang ingin dijadikan hardisk VM dan juga ukurannya, di sini saya tentukan 8 GB sudah cukup.

8. Virtual Machine CentOS 7 sudah ter-create, sekarang kita konfigurasi, kita pilih file ISO CentOS yang ingin kita install, disini saya memakai ISO CentOS 7 Minimal. Caranya klik kanan pada VM pilih => Settings => Storage => Controller IDE, pilih gambar CD => Chose Disk => pilih ISO yang ingin digunakan untuk installasi.

9. Klik Start pada VM CentOS 7 tadi dan mulai installasi.

10. Masuk dalam installasi CentOS 7, pilih bahasa yang ingin digunakan.

11. Pilih tujuan installasi.

12. Klik mulai installasi.

13. Sembari menunggu installasi selesai, kita bisa membuat sandi root dan membuat pengguna baru untuk sistem CentOS 7.

14. Tunggu hinggas installasi selesai dan klik boot ulang.

15. Installasi selesai, untuk mengecek apakah sistem berjalan dengan baik, nyalakan ulang kemudian masuk dengan user root atau pengguna yang baru dibuat tadi pada saat installasi.

Bisa dilihat dari gambar di atas sistem sudah terinstall dengan baik, dan centos sudah bisa digunakan, selanjutnya kita akan melakukan Installasi LAMP tunggu pada artikel-artikel selanjutnya.

Demikianlah pembahasan tentang Membangun Web Server CentOS 7 #1 : Installasi CentOS 7 yang dapat disampaikan dalam artikel ini. Semoga hal tersebut bermanfaat bagi para pembaca sekalian. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

SIM Team Team Sistem Informasi Manajemen (SIM) Universitas Islam Kadiri (UNISKA) Kediri.